23 January 2016 |

Excel: Menghilangkan Spasi Kosong (Char 160) Pada Teks

Beberapa hari ini saya banyak bersentuhan dengan Excel, terutama file CSV, hasil ekspor dari MailChimp. Sebagian data lainnya saya peroleh dari halaman web. Masalah yang sering terjadi ketika menyalin teks dari halaman web adalah karakter spesial yang terdapat pada halaman web, baik itu spasi maupun line break.

Ketika data di-paste pada sel maka karakter spesial akan ikut bersama data tersebut. Untuk menghilangkan spasi cara yang termudah adalah dengan menggunakan fungsi TRIM dan selama ini saya tidak pernah mengalami masalah dengan hal tersebut.

Proses menyalin data berlangsung dengan cepat sampai saya menemukan beberapa data yang spasinya gagal dihapus oleh fungsi TRIM. Saya jadi penasaran, setelah ubek sana-sini akhirnya ketemu juga penyebabnya. Ternyata karakter kode 160 lah penyebabnya. Kamu dapat mengeceknya di bagian Symbol lalu ketikkan 160 pada bagian Character Code (ASCII Decimal), maka kamu akan menemukan spasi kosong yang berbeda dengan spasi yang biasa kita gunakan.

Nah untuk menghapus karakter kode 160 tersebut kamu dapat menggunakan perintah dibawah ini.

=TRIM(CLEAN(SUBSTITUTE(B1;CHAR(160);"")))

Penjelasannya kurang lebih seperti ini:
  • TRIM untuk menghapus spasi dengan kode karakter 32
  • CLEAN untuk menghapus karakter non-printable
  • dan SUBSTITUTE untuk mengganti karakter tertentu pada teks, pada contoh kali ini mengganti kode karakter 160 menjadi kosong ("")

Semoga bermanfaat :)

Sumber ExcelJet

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker