13 December 2015 |

Mengganti Menu pada lxpanel Peppermint OS

Kebetulan netbook lawas yang saya gunakan saat ini, Acer Aspire One ZG5, menggunakan sistem operasi Peppermint OS yang notabene masih keturunan Lubuntu dan Linux Mint.

Sebelum Peppermint OS mampir ke netbook ini sebenarnya saya ingin mencoba beberapa distro lainnya seperti Arch Linux cuma berhubung keterbatasan waktu dan ilmu akhirnya saya menjatuhkan pilihan pertama pada Elementary OS yang tampilannya ciamik, namun sayangnya spesifikasi si netbook tidak cukup kuat untuk mendukung keciamikan Elementary OS.

Alhasil terpilihlah Peppermint OS yang cukup ringan dan tampilannya yang cukup bersahabat untuk saya yang masih tergolong pemula dalam menggunakan sistem operasi Linux.

Nah pada coretan kali ini saya ingin berbagi cara untuk mengganti shortcut yang terdapat pada menu bar. Menu bar yang terdapat pada Peppermint OS memang sangat memudahkan dalam mengakses aplikasi-aplikasi favorit. Namun sayangnya lxpanel yang merupakan panel standar dari desktop environment LXDE tidak memungkinkan Anda untuk melakukan perubahan menu semudah melakukannya di Microsoft Windows.

Pada contoh kali ini saya mengganti Chromium Browser menjadi Google Chrome, berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka File Manager
  2. Buka folder /home/[username]/.config/lxpanel/Peppermint/panels
  3. Kemudian buka file panel menggunakan GEdit atau Sublime
  4. Ganti atau tambahkan shortcut ke aplikasi yang Anda inginkan, pada contoh kali ini saya mengganti Chromium Browser menjadi Google Chrome
  5. Simpan perubahan
  6. Kemudian restart lxpanel dengan cara masuk ke Terminal lalu ketikan lxpanelctl restart

Untuk pengaturan menu secara keseluruhan bisa menggunakan alacarte.

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker