30 December 2015 |

Earphone Tidak Ada Suara di Windows 10? Ini Solusinya

Sudah sekitar satu bulan ini saya migrasi ke Windows 10 dan menikmati sejumlah fitur menariknya. Semua berjalan baik sampai pada akhirnya kemarin saya menemukan kendala tidak adanya suara saat menggunakan earphone, padahal suara dari speaker berjalan dengan baik.

Untuk mengecek kualitas earphone saya mencobanya menjalankan Play Music pada smartphone. Ternyata tidak ada suara yang mengalir dari earphone sekalipun jack 3.5 nya saya utak atik. Akhirnya saya mem-vonis bahwa masalahnya ada pada earphone.

Setelah baca sana-sini dengan dana yang terbatas akhirnya saya memutuskan untuk membeli earphone Apple iPod Earphone original. Pesan malam dan besok siangnya sudah saya terima dengan menggunakan layanan SiCepat.

iPod Earphone Original

Sorenya saya memutuskan untuk mencoba menggunakan earphone yang baru saja dibeli untuk mendengarkan video seri CPA Affiliate Marketing yang saya unduh beberapa waktu yang lalu. Deg ... ternyata tidak ada suara sama sekali yang keluar dari earphone. Akhirnya saya coba googling dan ternyata memang ada masalah terkait tidak munculnya suara saat menggunakan earphone ataupun headset pada Windows 10.

Cek sana-sini akhirnya nemu driver audio untuk Windows 10 64-bit, tapi ukurannya sampai 320 MB, yang menurut saya terlalu besar.

Alhasil nemu juga cara yang lebih ringkas dan terbukti berhasil untuk membuat kamu kembali dapat merasakan nikmatnya mendengarkan alunan lagu melalui headphone maupun earphone.

  1. Buka Device Manager, ketikan saja pada pencarian di Windows
  2. Kemudian klik panah kecil yang terdapat pada Sound, video and game controllers
  3. Akan muncul daftar perangkat audio yang telah ter-install, klik kanan lalu pilih Uninstall, lakukan untuk seluruh perangkat yang terdapat pada bagian "Sound, video and game controllers"
  4. Selanjutnya Restart komputer
  5. Secara otomatis Windows akan melakukan instalasi ulang untuk semua perangkat yang telah dihapus
  6. Pasang earphonemu dan coba mainkan musik
  7. Ta da ... musik dapat kembali terdengar di earphone.

Sekalipun masalahnya berasal dari driver audio tapi saya puas membeli earphone Apple iPod Earphone original karena kualitas suara yang dihasilkan nyaman di telinga dan juga bukan tipe earphone model earplug yang bagi saya sangat mengganggu :p

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker