19 November 2015 |

HeidiSQL: Mengganti Tanggal, Bulan dan Tahun pada DATETIME Field

Jadi ceritanya begini, sejak beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan tugas rutin menyesuaikan database pada aplikasi Dashboard Performance (KPKU) gara-gara aplikasi tersebut masih bersifat real-time yang menyebabkan laporan menjadi tidak valid apabila ternyata laporan untuk bulan Oktober baru tersedia untuk di-input di bulan November.

Kasusnya kali ini saya diminta untuk menambahkan data bulan Juli dengan mengambil data yang sama pada bulan Juni, karena ternyata tidak ada perubahan nilai antara bulan tersebut. Jadi intinya sih mengganti bulan dari Juni (06) menjadi Juli (07), nah bulan tersebut masuk kedalam field datetime (cth: 2015-07-15 11:45:56).

Berhubung saya tidak begitu mahir ber-SQL-ria, saya sedikit kesulitan menyelesaikan tantangan ini. Sampai akhirnya saya bertemu dengan fitur "Export grid rows" pada HeidiSQL yang memungkinkan kamu untuk memilih format output dari data yang telah diseleksi sebelumnya, cek gambar.


Jadi saya mencoba menyalin data, menggunakan Export grid rows, pada tabel temporary, untuk kemudian menggunakan query dibawah ini untuk mengganti bulan pada field datetime.

UPDATE nama_tabel
SET date = CONCAT('2015-07-31 ', TIME(date))
WHERE DATE(date) = '2015-06-30'

Jadi sih intinya query diatas ini, tapi berhubung saya menemukan fitur "Export grid rows" di HeidiSQL jadi sekalian saya bahas :D.

Sumber: StackOverflow

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker